Tips Penyembuhan Pasca Operasi Caesar.

Tips Penyembuhan Pasca Operasi Caesar.
www.google.com

1. Gerak-gerakkan Kaki dan Berjalan-jalan Ringan
           Rasa sakit yang mendera pasca caesar mungkin menjadikanmu berpikir tidak mampu lagi untuk berjalan. Namun, kuatkan fisikmu dan semangatlah untuk berupaya menggerakkan kaki dan berjalan-jalan ringan. Ketika di tempat tidur, coba sesekali menggerakkan pergelangan kakimu. Bidan atau perawat biasanya akan membantu pasien untuk bangun dari tempat tidur dan berjalan-jalan ringan di sekitar ruangan sesegera mungkin setelah bayi lahir dalam kurun waktu 24 jam.
          Makin cepat kamu bangun dan bergerak, maka makin baik pula untuk kelancaran sirkulasi darah. Bila kamu tidak bergerak untuk memperlancar peredaran darah, kemungkinan terbentuknya bekuan darah akan meningkat dan bekuan darah tersebut bisa terhambat di kaki atau paru-paru, sehingga bisa menjadi kondisi serius. Cobalah berjalan-jalan sambil menggendong bayimu. Selain untuk mencegah sembelit dan membantu tubuhmu pulih, kegiatan ini sekaligus awal yang bagus dalam memperkenalkan bayimu kepada keadaan di sekitar dirinya. Selain dari itu, hindari olahraga berat atau mengangkat beban dulu, ya
2. Mengelola Emosi dengan Baik
          Adalah hal yang wajar bila kamu mengalami perasaan yang tidak kamu duga sebelumnya. Perasaanmu tergantung kepada harapanmu sebelum melahirkan dan proses persalinan itu sendiri. Kamu mungkin senang dan bersyukur bila kamu dan bayimu baik-baik saja, serta persalinanmu sesuai dengan rencana. Kamu mungkin sempat merasa sebaliknya bahwa sebenarnya kamu ingin melahirkan normal, tetapi yang terjadi adalah harus menjalani caesar. Perasaan itu mungkin berkaitan dengan kecemasan terhadap komplikasi medis, rasa nyeri, stres, kelelahan karena operasi besar, dan status psikologis ibu. 
Upayakanlah untuk mengelola emosimu dengan baik, misalnya dengan cara-cara berikut :
  1. Jangan sungkan untuk mengutarakan apa yang bisa membuatmu senang dan nyaman kepada pasanganmu dan orang terdekatmu. Ini karena kondisi psikologismu setelah operasi caesar bisa menjadi lebih baik bila kamu mendapat perhatian terhadap kebutuhanmu secara spesifik dari orang-orang terdekatmu.
  2. Bila kamu merasa sedih, kecewa, atau kelelahan, jangan abaikan perasaan itu. Kamu dianjurkan untuk mendiskusikan emosi yang dirasakan dengan pasangan, teman, dokter, atau psikolog.
  3. Segera minta bantuan psikolog bila kamu mengalami depresi pasca melahirkan yang ditandai oleh kemunculan perasaan negatif yang tidak kunjung pergi. Kamu bisa merasakan kesedihan, putus asa, ingin terus menangis, atau memiliki pikiran yang mengganggu. Pada kasus yang parah, seorang ibu bisa berpikir untuk menyakiti bayinya.

3. Merawat Luka Bekas Sayatan Pembedahan
          Setelah operasi, area di sekitar lukamu akan ditumbuhi kulit baru. Namun, kulit baru ini mudah tergores sehingga kamu dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari mengenainya selama tiga bulan setelah operasi. 
4. Mencukupi Waktu Istirahatmu
             Istirahatlah tiap kali bayimu beristirahat juga, termasuk di siang hari. Sementara itu pada malam hari, upayakan untuk tidur selama 7-8 jam bila memungkinkan. Tidur bermanfaat penting bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan jaringan dalam membantu proses penyembuhan luka. Jangan lupa untuk banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan kaya serat untuk mencegah konstipasi.
5. Mengenali Apa Saja Tanda-tanda Bahaya
           Infeksi luka merupakan hal yang bisa saja terjadi, walaupun dokter telah memberimu antibiotik selama operasi. Bila kamu merasa tidak enak badan selama seminggu atau bahkan lebih lama setelah operasi, maka kamu mungkin mengalami infeksi dan disarankan untuk segera menghubungi dokter.
Selain infeksi, segera hubungi dokter bila luka yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka atau terpisah. Konsultasikan dengan dokter juga bila payudara terasa sakit dan kamu mengalami gejala-gejala menyerupai flu. Kamu membutuhkan pertolongan medis secepatnya bila menunjukkan gejala-gejala serius, seperti sakit perut parah, batuk darah, sesak napas, atau pingsan.
Jangan lupa untuk meminum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter. Tidak perlu khawatir karena obat-obatan yang diresepkan dokter biasanya aman bagi ibu-ibu yang sedang menyusui. Selain itu, lebih baik jangan membanding-bandingkan pengalaman operasi caesar yang dijalani dengan orang lain karena tiap wanita memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Sebaiknya pusatkan perhatian pada pemulihan diri sendiri. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama