Cara Mencairkan BLT UMKM Oktober 2022

Cara Mencairkan BLT UMKM Oktober 2022

    
Seperti diketahui pada Oktober 2022, Banpres BPUM BRI dan BNI masih cair. Yang jelas, kuota BLT UMKM yang disalurkan di bulan ini di bawah 100 ribu penerima.Sebab berdasar data Kemenkop UKM, Banpres BPUM BRI dan BNI tahap 3 hanya tersisa kuota 100 ribu per pertengahan September 2021. BLT UMKM tahap 3 sudah disalurkan ke 2,9 juta UMKM.

Secara total, Banpres BPUM BRI dan BNI tahap 3 cair ke 3 juta UMKM di semester 2 2021. Penyaluran BLT UMKM sendiri sudah dilakukan sejak Juli 202

Adapun pada 2021, 12,8 juta UMKM mendapat Banpres BPUM BRI dan BNI. Dari jumlah tersebut, 9,8 juta di antaranya dapat BLT UMKM di semester I 2021.

Besaran Banpres BPUM di 2021 sendiri ditetapkan sebesar Rp1,2 juta per pelaku usaha mikro. Jumlah itu lebih kecil dibanding BLT UMKM 2020 yang mencapai Rp2,4 juta.

Berikut cara cek daftar penerima Banpres BPUM di link BRI, bukan banpresbpum.id:
  • Buka link eform.bri.co.id bisa dari HP, komputer, atau laptop yang terhubung ke internet
  • Masukkan NIK KTP di kolom yang disediakan
  • Klik "CARI"
Data penerima BLT UMKM akan tertera di halaman tersebut.

Berikut merupakan cara untuk melakukan reservasi online:

1. Masuk melalui link ini eform.bri.co.id/bpum

2. Akan diarahkan ke halaman reservasi online oleh sistem.

3. Masukkan nomor KTP, menu provinsi, Kota/Kabupaten.

4. Pilih unit kerja BRI yang paling dekat dengan domisili Anda.

5. Pilih jadwal antrean sesuai waktu Anda.

6. Kemudian akan muncul nomor referensi yang harus disimpan dan dibawa saat

    Menerima BLT UMKM atau BPUM.Jika tak masuk daftar penerima itu, tak perlu bersedih. Pemerintah meluncurkan program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) sebagai dukungan bagi UMKM dan korporasi untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19 khususnya bagi sektor usaha mikro.Bantuan ini ditujukan untuk wilayah yang terkena PPKM Level 4 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021 sehingga para penerima belum mendapatkan bantuan skema Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM).Kepala Bagian Sumber Daya Polres Metro Jakarta Pusat, AKBP Widiastuti Chasanah, di Polres Metro Jakarta Pusat, Senin, mengatakan, percepatan penyaluran BPUM tersebut dilakukan dengan membuka pendaftaran bagi pedagang kaki lima (PKL) dan pedagang warung kecil untuk mendapatkan dana BPUM melalui Kantor Polsek di domisili masing-masing.Persyaratannya sangat mudah, pedagang ber-KTP DKI Jakarta dan mendaftarkan diri melalui Bhabinkamtibmas pada masing-masing kelurahan," kata Widi dikutip dari Antara. Kemudian, pedagang akan diverifikasi sesuai dengan ketentuan penerima BPUM.Ada sebanyak 1.200 PKL dan warung kecil telah mendapatkan bantuan dana tunai tersebut, yakni sebanyak Rp1,2 juta per orang.Sebelumnya, BTPKLW sudah disalurkan di Medan. Untuk penyaluran di daerahmu bisa bertanya ke kantor Polsek dekat rumahmu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama