Cara Membekukan Rekening yagoal

    Ketua Tim Biro Mediasi dan Investigasi Perbankan BI Sondang Martha Samosir mengatakan perlu ada tindakan cepat untuk menyelamatkan dana nasabah yang menjadi korban tindakan pidana atau penipuan. Menurut dia, jika pemblokiran rekening dilakukan sesuai ketentuan hukum yang berlaku, maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memblokir rekening. 

Cara Membekukan Rekening Yagoal


    Dana nasabah terlanjut ditarik pelaku kejahatan. Maka perlu dilakukan byelaws, paparnya. Hal itu dilakukan karena lonjakan praktik penipuan melalui transfer antarbank. Berdasarkan laporan 10 bank besar, sejak 2007 hingga semester I/2010 terdapat 15.097 kasus penipuan yang mencapai Rp86,75 miliar. 

Kasus terbesar pada 2009 sebanyak 6.498 kasus senilai Rp62,9 miliar. Sondang menyampaikan modus yang dilakukan dalam penipuan tersebut seperti meminta nasabah melakukan transfer dana ke nomor rekening tertentu di bank dengan iming-iming undian berhadiah palsu, surat perintah transfer fiktif, dan lainnya. 

Untuk membantu nasabah yang menjadi korban tersebut, lanjutnya, perlu adanya terobosan hukum untuk dapat melakukan pemblokiran rekening si penipu, pengembalian dana kepada nasabah dan penutupan rekening. 

Adapun tata cara dalam proses suspend rekening yakni nasabah korban atau kuasanya melaporkan bahwa sudah terjadi indikasi tindak pidana. Kemudian, dari situ bank penerima dana melakukan pemblokiran sementara atau suspend rekening tersebut. Bank penerima laporan harus dilakukan investigasi atas kebenaran data identitas nasabah penerima dana. Setelah dilakukan tahapan itu dan ditemukan indikasi pidana, sisa dana hasil kejahatan nasabah korban bisa mendapat pengembalian dana.

Glosarium.my.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama