SEA Games 2021: Indonesia Menangis Lawan Thailand.

SEA Games 2021: Indonesia Menangis Lawan Thailand.

Indonesia menghadapi Thailand pada semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021 pada Kamis, 19 Mei. Hingga turun minum, kedua tim masih bermain imbang dengan skor kacamata.

Indonesia bermain dengan tempo cepat sejak menit pertama. Tim Merah Putih bahkan mengancam lebih dulu, tapi tendangan bebas Marc Klok pada menit-menit awal pertandingan masih melebar tipis dari gawang Thailand.

Setelahnya, Thailand lebih banyak mendominasi bola. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan Indonesia yang bermain disiplin dan dalam.


Thailand sempat mengancam lewat tembakan Benjamin Davis. Tapi, usahanya dari luar kotak penalti bisa dihalau Ernando Ari dan menghasilkan sepak pojok yang belum mampu dimanfaatkan Thailand.


Indonesia baru bisa kembali mengancam ketika laga memasuki menit ke-36. Ricky Kambuaya dengan cerdik mengirim umpan terobosan ke arah Alfeandra Dewangga, namun sang bek terjatuh tanpa bisa melepaskan tembakan.   Dua menit berselang, Indonesia kembali mendapat peluang mencetak gol. Tapi tandukkan Rizky Ridho memanfaatkan umpan tendangan bebas Egy Maulana Vikri melayang tipis di atas gawang Thailand.


Klok kembali mengancam gawang Thailand jelang turun minum. Namun, usaha gelandang Indonesia itu dari sepak pojok masih membentur mistar dan skor 0-0 bertahan hingga jeda.


Memasuki babak kedua, Thailand tampil lebih agresif. Mereka bahkan nyaris membuka skor pada menit ke-47, tapi sepakan Ekanit Panya dari jarak dekat masih melambung di atas mistar gawang.


Setelahnya, Thailand mulai bisa mengontrol tempo pertandingan. Namun, mereka kesulitan menciptakan peluang meski beberapa kali mampu menembus kotak penalti Indonesia.


Indonesia terus mendapat tekanan dari Thailand. Namun, mereka mampu mengancam pada menit ke-78 lewat sundulan Klok yang masih mampu dihalau Kawin Thamsatchanan.   Dua menit berselang, giliran Syahrian Abimanyu yang menguji kebolehan Kawin. Tapi lagi-lagi Kawin menunjukkan kelasnya dengan mengantisipasi tendangan bebas Syahrian.


Syahrian kembali mencoba peruntungannya pada menit ke-82 dari luar kotak penalti. Tapi sepakannya terlalu lemah dan diamankan dengan mudah oleh Kawin.


Indonesia kembali mengancam pada menit ke-86. Namun Egy yang ditempel ketat dua pemain Thailand belum bisa melepaskan tembakan dengan sempurna dan bisa diamankan oleh Kawin.


Kesulitan menembus pertahanan Indonesia, Thailand mulai mencoba peruntungannya dari luar kotak penalti. Ekanit bahkan nyaris membobol gawang Indonesia pada menit ke-89 andai Ernando tak sigap mengamankan gawangnya.


Semenit berselang, Thailand kembali mengancam gawang Indonesia. Untungnya sundulan Patrik Gustavsson masih melambung di atas gawang Indonesia.   Indonesia baru bisa membalas ancaman jelang peluit panjang dibunyikan lewat tendangan bebas Klok. Tapi usahanya masih mengarah tepat ke pelukan Kawin dan babak tambahan pun harus dimainkan.


Thailand memulai babak tambahan dengan cepat. Untungnya, umpan silang Nakin Wisetchat mampu diantisipasi Ernando dan hanya menghasilkan sepak pojok.


Thailand akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-94. Tembakan Weerathep Pomphun memanfaatkan umpan mendatar Benjamin Davis menghujam deras gawang Indonesia.


Selepas gol tersebut, Thailand mulai menurunkan tempo permainan. Mereka juga kerap melakukan tactical foul ketika Indonesia mencoba membangun serangan sehingga momentum sulit didapat.


Pemain pengganti William Gabriel diusir wasit jelang bubaran. Ia mendapat kartu kuning kedua usai melakukan protes berlebihan kepada wasit.   Firza Andika juga diusir wasit usai mendapat kartu merah langsung akibat pelanggaran keras dan Rachmat Irianto serta Ricky Kambuaya mendapat kartu kuning kedua akibat menyulut konflik dengan para pemain Thailand.


Alhasil, skor 1-0 bertahan hingga bubaran dan Thailand berhak melaju ke final sepak bola putra SEA Games. Di final, Thailand akan menghadapi pemenang antara Vietnam kontra Malaysia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama