Jadwal dan Syarat untuk Beasiswa LPDP 2022.

Jadwal dan Syarat untuk Beasiswa LPDP 2022.

Glosarium.my.id -- Pemerintah membuka pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahap II tahun 2022. Pada pembukaan tahap II ini, pendaftaran berbagai kategori beasiswa dapat dilakukan mulai hari Senin 4 Juli 2022 hingga 5 Agustus 2022.

Informasi dan panduan resmi beasiswa dapat diakses melalui laman www.lpdp.kemenkeu.go.id. Berikut adalah cara pendaftaran, syarat hingga ketentuan yang harus diperhatikan pendaftar beasiswa LPDP.


Cara Pendaftaran

1. Peserta mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP, beasiswalpdp.kemenkeu.go.id

2. Peserta melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

4. Pastikan dokumen-dokumen pendukung seperti Surat Rekomendasi, Surat Keterangan atau yang sejenis dibuat/diterbitkan pada tahun 2022 (informasi detail terkait dokumen dapat dilihat pada booklet atau buku panduan masing-masing program).

Persyaratan Umum Pendaftar Beasiswa Reguler

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister; program magister (S2) untuk beasiswa doktor; atau diploma empat (D4)/sarjana (S1) langsung doktor dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Perguruan tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),

b. Perguruan tinggi kedinasan dalam negeri, atau

c. Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal perguruan tinggi.

3. Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister ataupun doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri;

4. WNI yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan WNI yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor.

5. Melampirkan Surat Rekomendasi dari akademisi bagi yang belum bekerja atau dari atasan bagi yang sudah bekerja;

6. Memilih Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP;

7. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler

8. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online;

9. Menulis Personal Statement (tidak ada format khusus);

10. Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi;

11. Menulis Proposal Penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.


Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

1. Seleksi akan dilaksanakan pada 3 tahapan yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Bakat Skolastik, dan Seleksi Substansi (Wawancara). Namun bagi pendaftar yang telah memiliki bukti surat diterima di Universitas yang termasuk dalam daftar Perguruan Tinggi LPDP dan memilih 1 Universitas tersebut sebagai tujuan studi, maka tidak perlu lagi melakukan Seleksi Bakat Skolastik.

2. Wajib melampirkan surat usulan dari pejabat yang berwenang /membidangi SDM untuk seluruh program bagi pendaftar berprofesi PNS/TNI/POLRI. Khusus program PNS/TNI/POLRI tidak bisa mendaftar beasiswa prasejahtera dan kewirausahaan.

3. Bagi pendaftar dengan lulusan Luar Negeri, Wajib melampirkan hasil penyetaraan ijazah dan konversi IPK yang dilakukan melalui website https://ijazahln.kemdikbud.go.id/ijazahln/

4. Perlu diperhatikan bahwa setiap program beasiswa memiliki surat pernyataan masing-masing yang harus dipenuhi pendaftar.

5. Pada saat verifikasi NIK, sistem pendaftaran sudah terhubung langsung ke sistem Dukcapil Kementerian Dalam Negeri RI. Sehingga pastikan nomor NIK sesuai dan terdaftar pada data di Dinas Dukcapil setempat.


Jadwal Seleksi Tahap II

  1. Pendaftaran beasiswa: 04 Juli-05 Agustus 2022.
  2. Seleksi administrasi: 08 Agustus-19 Agustus 2022.
  3. Seleksi bakat skolastik: 29 Agustus-10 September 2022.
  4. Seleksi substansi: 26 September-04 November 2022.
  5. Pengumuman hasil seleksi substansi: 11 November 2022.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama