8 Tips Sukses Nabung bagi si Gaji Pas

8 Tips Sukses Nabung bagi si Gaji Pas


1.Buat Daftar Pemasukan dan Pengeluaran
    Susunlah secara terperinci daftar keuangan setiap bulannya. Daftar ini lebih memudahkan kita untuk mengatur pengeluaran setiap bulannya. Kita pun dapat mengetahui besaran uang yang akan dianggarkan untuk menabung serta menghitung simpanan yang akan dimiliki di kemudian hari dari tabungan tersebut.

2.Sisihkan Dana untuk Menabung Lebih Dulu
    Setelah mengetahui daftar pengeluaran, kita menjadi tahu nominal dana yang bisa kita alokasikan untuk menabung. Besar nominal uang yang ditabung bisa disesuaikan dengan banyaknya kebutuhan. Namun idealnya adalah 20% dari total gaji atau sebesar Rp.800.000. Biasakanlah menabung sesaat setelah gajian. Segera pisahkan dana tersebut, lalu masukkan ke tabungan sebelum terpakai untuk kebutuhan lain.

3.Atur Anggaran Bulanan
    Dari daftar pemasukan dan pengeluaran yang telah kita susun, selanjutnya adalah membagi anggaran. Idealnya, untuk kebutuhan sehari-hari yang harus dianggarkan adalah 40% dari nominal gaji atau sejumlah Rp.1.600.000. Kebutuhan ini mencakup kebutuhan makan dan minum, transportasi, belanja rumah tangga, pulsa dan lainnya.

4.Anggaran untuk Memanjakan Diri
    Maraknya kampanye self love memang sangat penting. Kita pun perlu memanjakan diri juga, bukan? Anggarkan biaya sosialisasi sebesar Rp400.000 untuk berkumpul dengan teman atau keluarga, untuk menghilangkan penat dari kesibukan di kantor, dan sebagai hiburan misalnya menonton bioskop atau minum kopi di kafe.
Selain itu, kita pun perlu menganggarkan dana untuk berlibur. Sisihkan 10% atau Rp.400.000 dari nominal gaji. Sesekali kita perlu juga memberi hadiah bagi diri sendiri atas pencapaian kerja keras yang telah dilakukan. Destinasi berliburnya tidak perlu yang mewah dan membutuhkan banyak biaya. Manfaatkan juga promo-promo yang marak ditawarkan di berbagai situs wisata.

5.Jangan Lupa Dana Investasi
    Selain menabung, kita pun perlu menganggarkan dana investasi. Bentuk investasi di sini bisa beragam macamnya. Misalnya investasi reksa dana setiap bulan, menabung emas, atau ikut arisan. Bisa juga dalam bentuk investasi diri. Misalnya ikut workshop atau seminar yang mampu menambah skill atau mengembangkan potensi diri yang dirasa mampu meningkatkan karier. Siapkan anggaran sebesar Rp.400.000.

6.Siapkan Dana Darurat
     Sangat penting menyiapkan dana darurat ini untuk kebutuhan tidak terduga yang sifatnya mendadak. Misalnya ada keluarga atau teman yang sakit, atau menyumbang untuk rekan yang berduka cita atau terkena musibah. Besar dana darurat ini sebanyak Rp.200.000.

7.Jangan Lupa Bersedekah
      Walaupun gaji yang diperoleh dirasa sangat terbatas, jangan sampai lupa untuk tetap berbagi dengan sesama. Nominalnya fleksibel sesuai kemauan dan kemampuan kita.

8.Ubah Gaya Hidup
    Terapkan hidup hemat dan cermat. Biasakan belanja secukupnya dan hanya membeli barang yang dibutuhkan. Tahan diri untuk tidak tergoda dengan diskon-diskon dan promo yang ditawarkan di pusat perbelanjaan. Jangan juga selalu mengikuti tren yang ada di masyarakat. Misalnya, ketika teman sering jajan minuman boba kekinian itu kita ikut membeli. Sesekali boleh untuk membelinya, namun ingat dengan anggaran yang sudah disusun ya. Jangan sampai uang yang dibelanjakan lebih banyak dari anggaran.


Perencanaan keuangan ini sangat penting dan besar manfaatnya bagi kita kedepannya. Kedisiplinan diri untuk menjalankannya juga sangat dibutuhkan. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, kita tetap bisa menabung dan hidup bahagia dengan gaji 4 juta, bukan? Yuk dimulai sekarang juga dan rasakan hasilnya di kemudian hari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama