Cara Menlunasi Hutang Kartu Kredit Dengan Cepat

Cara Menlunasi Hutang Kartu Kredit Dengan Cepat


1. Perhitungkan Jumlah Pendapatan Bulanan
Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat pertama adalah dengan memperhitungkan jumlah pendapatan bulanan. Anda bisa membuat skala prioritas alokasi keuangan dari pemasukan bulanan, berapa yang digunakan untuk bayar tagihan, angsuran, dan biaya sehari-hari.

Alokasi ideal perbandingan biaya sehari-hari, hutang, dan tabungan sebenarnya adalah 50%/30%/20%. Akan tetapi jika tidak memungkinkan memakai hitungan ideal ini, Anda dapat mengecilkan jumlah tabungan menjadi 5 - 10%.

2. Bayar Hutang Kartu Kredit Begitu Gajian
Cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat berikutnya adalah dengan membayar tagihan tepat setelah gajian.

Agar gaji di awal bulan dapat dialokasikan dengan tepat, sebaiknya Anda melakukan pembayaran kredit secepat mungkin setelah gaji cair. Dengan demikian, Anda dapat segera melepaskan beban membayar tagihan tanpa menunggu kondisi keuangan menipis.

Bahkan apabila memungkinkan, bayar hutang kartu kredit melebihi jumlah tagihan seharusnya. Dengan demikian, Anda dapat hidup lebih tenang jika suatu hari nanti terjadi pengeluaran mendadak yang harus memotong jatah pembayaran kredit.

3. Prioritaskan Hutang Berdasarkan Tanggal Jatuh Tempo
Disiplin membayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu merupakan cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat. Dengan melunasi tagihan sebelum jatuh tempo akan membuat Anda terhindar dari biaya denda sebagai sanksi keterlambatan.

Apabila Anda menunda pembayaran hutang kartu kredit, beban biaya angsuran pada bulan depan akan semakin membengkak. Sebab bunga kartu kredit bersifat mengembang, akibatnya tagihan bunga di bulan depan menjadi dua kali lipat.

4. Kerja Sampingan untuk Menambah Pendapatan
Apabila cara melunasi hutang kartu kredit dengan cepat telah dicoba tetapi hutang kartu kredit masih belum teratasi, mungkin Anda bisa mencari penghasilan tambahan. Bagi Anda yang memiliki waktu selepas pulang kerja, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan.

Pekerjaan sampingan seperti freelance merupakan salah satu cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk. Dengan adanya tambahan pemasukan, maka penyelesaian tunggakan kartu kredit dapat dilakukan secara lebih cepat.

Di zaman sekarang, mencari kerja sampingan sangatlah mudah dan bahkan bisa sesuai hobi. Anda bisa menjadi seorang desainer, penulis, driver transportasi online, influencer media sosial, reseller produk, dan sebagainya.

5. Berhenti Pakai Kartu Kredit sampai Tagihan Lunas
Menghentikan pemakaian kartu kredit sementara hingga tagihan sebelumnya lunas adalah salah satu cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk.

Selama masa jeda tidak menggunakan kartu kredit ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk melunasi tagihan kartu kredit sebelumnya, sehingga hutang tidak menumpuk. Selama berhenti menggunakan kartu kredit, Anda dapat menyusun ulang rencana penggunaan kartu kredit agar hutang tidak menumpuk.

6. Ajukan Pinjaman Online
Meskipun memiliki tagihan, tak ada salahnya mengajukan pinjaman online untuk membayar hutang kartu kredit secara lunas. Istilah peribahasanya, gali lubang kecil untuk tutup lubang besar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama