Bandara Jeddah Kacau.

Bandara Jeddah Kacau.

Bandara Internasional King Abdulaziz atau Bandara Jeddah mulai menjadi sorotan pada Senin (2/5/2022) karena calon penumpang yang membeludak. Awalnya, kepadatan terjadi di Terminal Selatan yang didedikasikan untuk maskapai Saudi Airlines.

Kepadatan itu muncul seiring berakhirnya bulan Ramadhan sehingga jemaah umrah pun pulang ke negara masing-masing. Bulan Ramadhan memang bulan favorit untuk beribadah ke Masjidil Haram di Makkah, 1 jam perjalanan dengan bus dari Jeddah.

Pada Selasa (3/5), kepadatan pindah ke Terminal Utara, tempat maskapai asing beroperasi. Kerumunan jemaah umrah yang hendak kembali ke negaranya bercampur dengan pelancong yang hendak bepergian untuk berlibur atau urusan lain.

Banyak jemaah yang terpaksa berpanas-panasan di pelataran Terminal Utara di bawah terik Surya dengan suhu mendekati 40 derajat Celcius, kekurangan makanan dan minuman dan akses toilet yang minim. Hal ini karena di bagian terminal sudah penuh manusia dan bagasinya. Mencapai konter check-in apalagi gate penerbangan adalah hal yang mustahil.

Kekacauan di Terminal Utara berlanjut hingga Rabu (4/5). Setelah mendapat desakan kiri kanan, akhirnya pengelola Bandara Jeddah bersedia membuka Terminal Haji yang memiliki area sangat luas, yang sedianya baru beroperasi pada 14 Juni 2022 untuk menerima jemaah haji.

Pembukaan Terminal Haji membuat jemaah yang memenuhi pelataran Terminal Utara bisa berpindah ke lokasi yang lebih nyaman meski jadwal penerbangan masih kacau.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama