Alasan Presiden Jokowi Temui Putin.

Alasan Presiden Jokowi Temui Putin.

Sebelumnya dikabarkan Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Rusia dan Ukraina.

Terkait hal tersebut diketahui kedua negara Rusia dan Ukraina saat ini masih berperang.

Namun Presiden Jokowi tetap mengunjungi kedua negara itu demi membahas kepentingan ini.

dijadwalkan akan berkunjung ke Moskow untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin 30 Juni bulan ini. Tak hanya ke Rusia, Jokowi juga akan berkunjung ke Kiev untuk bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera terbang ke Rusia bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selain itu ia juga akan mengunjungi Ukraina bertemu dengan Volodymir Zelensky Presiden Ukraina.

Rencana keberangkatan sudah dipersiapkan termasuk pengamanannya.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke dua negara yang tengah terlibat perang, yakni Ukraina dan Rusia pada akhir Juni 2022 ini.

Adapun agenda Presiden Jokowi menemui kedua pimpinan negara itu adalah mencoba berkontribusi untuk mendorong perdamaian dan sebagai wujud kepedulian terhadap isu kemanusiaan.

Pertemuan bilateral dengan Ukraina dan Rusia merupakan buntut dari undangan Ketua G7 (Jerman) untuk hadir dalam KTT G7 di Elmau pada tanggal 26-27 Juni 2022.

Beberapa negara non-G7 atau disebut G-7 Partner Countries yang mendapatkan undangan untuk hadir dalam KTT G7 adalah Indonesia, India, Senegal, Argentina dan Afrika Selatan.

Dalam rilis pers Kementrian Luar Negeri RI, Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan para Leaders G7 dan Leaders negara undangan.

"Permintaan pertemuan bilateral banyak sekali diterima presiden dan tentunya semaksimal mungkin akan diatur," ujar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, dikutip dari Kompas.com.

"Dalam G7 Summit for Partner Countries tersebut, salah satu isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah pangan

Isu pangan, energi dan keuangan akhir-akhir ini terus menjadi pembicaraan dunia.

Di tengah upaya pemulihan ekonomi pasca-Covid-19, terjadi perang di Ukraina, yang dampaknya dirasakan seluruh dunia," tambahnya.

Setelah dari Jerman, Jokowi pun langsung bertolak untuk mengunjungi Ukraina dan Rusia.

Lantas, apa saja fakta menarik dibalik kunjungan Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia itu?

Kunjungan Pemimpin Asia Pertama sejak Perang

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menuturkan, Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin pertama di Asia yang berkunjung ke Ukraina dan Rusia sejak perang.

Menurut Retno, kunjungannya itu menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan dan mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan yang diakibatkan perang.

"Dampak perang dirasakan semua negara terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, Indonesia pun harus terus mendorong spirit perdamaian," ungkap Retno.

Terjunkan 39 Paspampres, Bawa Senjata Laras Panjang

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) menerjunkan 39 personel untuk mengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke Ukraina dan Rusia pada akhir bulan ini.

39 personel tersebut terdiri dari tim penyelematan (Matan), tim utama (main group) dan tim pendahulu (advance).

Kalau kita sendiri yang melekat ke beliau ada 19 ditambah yang matan-nya (tim penyelamatan) sendiri 10 di sana, berarti 29 ditambah dengan 10 orang uang sudah stanby di sana,  kata Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, Kamis, (23/6/2022).

Sejumlah perlengkap akan dibawa Paspampres dalam mengawal Presiden, di antaranya helm, rompi anti peluru, hingga senjata laras panjang.

Pihak Ukraina, kata Tri, memperbolehkan Paspampres membawa senjata laras panjang dengan amunisi tidak terbatas.

Untuk senjata yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personil Paspampres kita dengan amunisi yang tidak terbatas,  katanya.

Paspampres sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KBRI di Ukraina dan Rusia untuk pengawalan presiden nantinya.

Tri mengatakan, sebelum presiden berangkat, tim pendahulu Paspampres akan diberangkatkan.

Tim advande rencananya hari ini rencananya nanti kami cek lagi. Mohon doanya,  jelasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama