Tamatan Jurusan ini Bergaji Besar tapi sepi Peminat.

Tamatan Jurusan ini Bergaji Besar tapi sepi Peminat.

Glosarium.my.id -- Memilih jurusan memang nggak semudah yang dibayangkan karena akan berpengaruh dengan karier dan masa depan kamu nantinya. Selain mengikuti passion, kamu juga perlu memperhatikan pesaing dan prospek kerja ke depannya. Sebaiknya tidak asal mengambil jurusan yang bahkan kamu belum tahu gambaran pekerjaan yang akan kamu geluti. Karenanya kamu perlu mencari tahu dulu ya, Beauties.
Nah, buat kamu yang lagi bingung menentukan jurusan kuliah dan nggak mau jurusan yang mainstream dan banyak saingan, tetapi tetap memiliki peluang kerja menjanjikan, maka kamu dapat mempertimbangkan beberapa jurusan berikut ini:

1. Teknik Perkapalan
Jurusan Teknik termasuk salah satu jurusan yang favorit diambil oleh anak rumpun IPA. Namun, nggak semua jurusan teknik kerap menjadi pilihan dan populer. Salah satunya adalah Teknik perkapalan. Melansir dari detikEdu, prodi teknik perkapalan di Universitas Indonesia menjadi salah satu prodi yang sepi peminat pada tahun 2021.
Padahal, kalau kamu memilih jurusan ini dan menggelutinya, kamu bisa berkarier diberbagai industri perkapalan nasional. Mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan dan kaya akan sumber daya alam bawah laut, maka jurusan ini bisa sangat menjanjikan. Kamu dapat mencoba peluang karier di BUMN yang bergerak di bidang shipping dan perkapalan.

2. Sastra
Salah satu jurusan rumpun humaniora yang sepi adalah sastra. Baik sastra Rusia, sastra Belanda, sastra Prancis, sastra Cina memiliki peminat yang sedikit dibanding sastra Inggris yang selalu ramai peminat. Namun, siapa sangka kalau jurusan ini sebenarnya memiliki prospek kerja yang menjanjikan, lho.
Buat kamu yang tertarik mengambil jurusan sastra, kamu bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri menjadi duta besar dan home staff, kedutaan besar negara asing, translator, interpreter, dan bekerja di multinational company. Dengan kemampuan kamu menguasai bahasa asing, kamu akan sangat dibutuhkan di dunia kerja.

3. Geofisika
Jurusan yang satu ini memang cukup asing menjadi pilihan para anak SMA. Melansir dari detikEdu, geofisika menjadi jurusan saintek sepi peminat di UNPAD. Pada prodi ini kamu akan belajar mengenai aspek-aspek fisik dan dinamika bumi serta gejala-gejala alam.
Oleh karena itu, lulusan geofisika sangat dibutuhkan oleh lembaga pemerintahan seperti LIPI pada bidang geoteknologi dan pusat penelitian fisika terapan, BMKG, dan industri minyak bumi dan gas.

4. Teknik Biomedis
Jurusan yang satu ini memang tergolong sebagai jurusan yang baru di beberapa universitas di Indonesia. Secara garis besar, jurusan ini menggabungkan bidang ilmu teknik dan kedokteran.
Bagi kamu yang berminat memilih jurusan ini, mengutip dari detikEdu, prospek kerja lulusan ini sangat besar dan terbuka lebar, kamu dapat bekerja di laboratorium kesehatan, rumah sakit, perusahaan obat farmasi, lembaga penelitian, hingga menjadi tenaga pendidik.

5. Antropologi Sosial
Jurusan yang satu ini memang kurang begitu diminati oleh anak SMA. Namun, lulusan antropologi sosial sangat banyak dicari di dunia kerja karena jurusan ini mempelajari budaya dan hubungan antar manusia sehingga sangat cocok menggeluti bidang HRD, peneliti, dan antropolog.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama