Eksplorasi Konsep Modul 2.1 dilakukan oleh guru agar lebih memahami tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi bisa dikatakan pembelajaran yang berpusat pada murid.
Agar bisa menjadi seorang guru penggerak, guru harus menyelesaikan Eksplorasi Konsep Modul 2.1 ini.
Modul 2.1 telah dirancang agar peserta yang sudah menyelesaikannya bisa menjadi Guru Penggerak yang dapat:
- Menunjukkan pemahaman atas pembelajaran berdiferensiasi serta menyebutkan alasan mengapa pembelajaran berdiferensiasi itu diperlukan.
- Memetakan kebutuhan belajar murid yang tidak sama antara murid yang satu dengan yang lain.
- Menganalisis diterapkannya 3 strategi diferensiasi: yaitu diferensiasi dari konten, proses, serta produk.
- Menerapkan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi pada konteks pembelajaran di kelas.
- Memperlihatkan sikap kreatif, berkemauan mencoba, percaya diri serta berani mengambil risiko dalam menerapkan macam-macam ide strategi pembelajaran berdiferensiasi itu.
Eksplorasi Konsep Modul 2.1 ini ialah usaha mendalami Pembelajaran Berdiferensiasi, dimana pembelajaran ini menjadi salah satu metode pembelajaran yang memihak murid.
Dalam Eksplorasi Konsep Modul 2.1 ini, Guru merefleksikan pemahamannya mengenai pembelajaran berdiferensiasi ini lewat studi kasus yang terjadi di sekolah.
Contohnya Bu Dita, guru kelas 5 SD dengan banyak murid 30 anak., mengamati ada 2 murid yang selalu selesai dulu ketika diberi tugas soal cerita matematika.
Karena Bu Dita tidak ingin 2 murid ini tidak ada pekerjaan dan mengganggu murid lain yang sedang mengerjakan soal, Bu Dita berinisiatif menyiapkan lembar kerja tambahan bagi 2 anak ini.