Resep Asli Rendang Padang

        Rendang atau randang (Jawi: رندڠ) adalah masakan daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.
Resep Asli Rendang Padang


Bahan-bahan

1/2 kg daging (lebih sedikit)
2 butir kelapa (pisahkan santan kental & santan encer)
Bumbu halus
7 siung bawang merah (haluskan)
5 siung bawang putih (haluskan)
3 cm jahe (haluskan)
2 cm kunyit (haluskan)
3 lembar daun jeruk
Sedikit lengkuas (haluskan)
1 lembar daun kunyit (buang bagian tulang daun nya)
1 buah serai (digeprek)
15 biji cabe rawit (kalo gak suka pedas boleh skip)
4 sdm Cabe giling halus (secukupnya)
Secukupnya Garam
1/2 sdt Pala bubuk


Langkah
  1. Cuci bersih daging
  2. Siapkan bumbu2 yang akan dihaluskan
  3. Giling halus kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, & lengkuas dengan 1/2 sdt garam. Kemudian giling kasar cabe rawit. Saya menyarankan bumbu halus nya itu digiling manual aja (gak usah pake blender).
  4. Semua bumbu yg sudah digiling dicampurkan ke daging. Masukkan cabe giling. Aduk rata sampai bumbu meresap ke daging
  5. Siapkan santan kental, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai
  6. Panaskan santan sebelum daging dimasukkan. Aduk terus jangan sampai pecah santan. Kalau sudah mendidih, masukkan daging
  7. Masukkan sedikit pala bubuk
  8. Aduk terus daging & apabila dirasa santan nya masih kurang pedas, bisa ditambahkan cabe giling lg. Sehingga warna kuahnya bisa spt gbr disamping.
  9. Pindahkan rendang menggunakan kuali besi spy minyak dari rendang bisa keluar. Aduk terus rendang sampai kental spt gbr disamping. Apabila daging masih dirasa keras, campurkan santan encer. Pada gbr disamping ini daging sudah bisa dimakan (ini yg disebut kalio).
  10. Rendang sudah selesai. Supaya rendang bisa coklat spt ini harus selalu diaduk dgn api kecil sampai rendang menjadi kering dan berubah warna.
  11. Rendang lebih nikmat jika dimasukkan kentang atau kacang merah.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama