Brigadir J di Tembak Lebih Dari Satu Senjata.

Brigadir J di Tembak Lebih Dari Satu Senjata.

Glosarium.my.id -- Diduga senjata api yang digunakan Ferdy Sambo Cs untuk mengeksekusi Brigadir J alias Brigadir Yosua lebih dari satu senjata.

Menurut Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik ada indikasi jika Brigadir J ditembak dengan lebih dari satu senjata, terlihat dari adanya perbedaan besaran lubang bekas tembakan di tubuh Brigadir J.

Namun untuk membuktikan indikasi tersebut, pihaknya akan menunggu hasil autopsi ulang.

"Nanti uji autopsi ulang itu sangat membantu, ada perbedaan besaran lubang di jenazah antara satu sisi dan sisi yang lain."

"Jadi ini nanti kalau seandainya terbukti dalam autopsi ulang, akan membuktikan bahwa dia tidak mungkin ditembak satu senjata, berarti ada dua senjata. Itu titik krusial di autopsi kedua penting untuk menjawab."

"Walaupun kami mengindikasikan bahwa ini tidak mungkin satu senjata," kata Taufan, Kamis (18/8/2022) dalam acara Kompas Siang Kompas TV.

Selai itu, Komnas HAM juga sedang mendalami perbedaan pernyataan antara Bharada E dan Irjen Ferdy Sambo terkait penembakan.

"Yang sedikit krusial disini adalah perbedaan pengakuan."

"Kalau pengakuan FS dia hanya merancang dan memerintahkakan Richard untuk menembak, sementara versi Richard dipanggil kemudian diperintahkan dan ketika di TKP diperintahkan lagi untuk mengeksekusi, menurut dia (Richard) hanya mengeksekusi beberapa tembakan awal tapi eksekusi terakhir dilakukan oleh FS," kata Taufan.

Perbedaan keterangan dari dua tersangka tersebut kini masih terus dikaji.

"Nah ini kan perbedaan yang harus diuji lagi untuk memastikan siapa yang sebetulnya menembak."

"Walaupun kami menduga sangat kuat bahwa tidak mungkin Bharada E itu menembak sendiri," lanjutnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama